Faktor Penyebab Mata Katarak

Faktor Penyebab Mata Katarak

Katarak adalah suatu penyakit mata yang umum dan bisa menyerang siapa saja terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Tetapi, tdiak menutup kemungkinan penyakit ini juga bisa terjadi pada anak-anak muda. Karena bukan tidak mungkin akibat gaya hidup tidak sehat atau hal lain yang bisa menyebabkan orang terkena mata katarak.

Kondisi terjadi karena pada lensa mata terdapat bercak putih, sehingga akan menyebabkan pandangan penderita menjadi terganggu dan kabur. Selain itu, katarak juga bisa menyebabkan penderita menjadi kesulitan melihat dan jarak pandang menjadi tidak teratur.

Faktor Penyebab Mata Katarak

Pada umumnya kondisi ini bukan kondisi yang mematikan. Tetapi jika terus dibiarkan justru akan menyebabkan kondisi penderita semakin buruk dan bahkan bisa menimbulkan kebutaan permanen. Selain faktor uisa yang menyebabkan fleksibilitas mata menurun dan menyebabkan kondisi mata menjadi mudah terkena gangguan. Ternyata, ada beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya mata katarak seperti :

1. Mata sering terkena paparan sinar matahari atau ultraviolet langsung tanpa penghalang. Untuk menghindarinya anda bisa menggunakan kaca mata hitam sebagai perlindungan

2. Orang yang mempunyai riwayat penyakit diabetes mempunyai resiko tinggi terkena gangguan mata termasuk katarak. Karena kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah dapat menghambat sirkulasi darah menuju syaraf mata. Sehingga mata akan lebih mudah terkena gangguan penyakit.

3. Seorang penderita tekanan darah tinggi juga mempunyai resiko yang tinggi terkena gangguan mata. Karena tekanan darah yang tinggi yang sangat kuat pada bagian mata. Bahkan tekanan darah tinggi juga bisa memicu komplikasi penyakit lain seperti diabetes yang bisa menjadi penyebab katarak.

4. Obesitas atau berat badan berlebih merupakan salah satu sumber penyakit. Salah satu penyakit yang bisa dipicu oleh obesitas adalah penyakit mata seperti katarak. Tingginya lemak jahat dalam tubuh akan mengganggu sitem peredaran darah menuju otak dan syaraf mata yang akan menyebabkan timbulnya berbagaia gangguan pada mata.

5. Kebiasaan merokok juga dapat memicu terjadinya penyakit mata katarak. Hal ini terjadi karena asap yang mengandung nikotin dari hasil pembakaran rokok akan menumpuk dan mengembun di lensa mata.

6. Efek samping konsumsi obat-obatan berbahan kimia. Saat seseorang mengkonsumsi obat dengan kandungan kimia secara berlebihan, maka hal ini akan mempengaruhi fungsi lensa mata dan menambah radikal bebas yang menyebabkan gangguan pada mata.

7. Seseorang yang pernah mengalami cedera atau pernah melakukan operasi pada mata, mempunyai resiko yang lebih tinggi terkena gangguan dan penyakit mata seperti katarak. Sehingga untuk menghindarinya anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *